Bondowoso, smkn1pujer.sch.id
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Pujer hari ini memasuki hari ketiga. Setelah
hari pertama siswa dinjakan dengan acara talkshow, stand up dan sing a song, dan
hari kedua dengan nobar film yang mengharu biru dan meneteskan air mata, di
hari ketiga ini siswa mulai membuat perencanaan projek yang akan mereka buat
Kegiatan diawali dengan apel pagi yang dibina
langsung oleh wakil kepala sekolah urusan kurikulum, ibu Ratih Andhika Noer
Yuniati, S.Pd. beliau berpesan agar siswa tetap semangat mengikuti kegiatan
ini.
Acara dilanjutkan dengan pendampingan di ruang
kelas masing masing oleh satu fasilitator dan satu pendamping di setiap kelas. Fasilitator
dan pendamping menyampaikan apa saja yang perlu disiapkan untuk Menyusun projek.
Pada pra projek aksi karya ini siswa benar-benar
dimanjakan dengan pembelajaran yang berdiferensiasi. Strategi Diferensiasi yang
digunakan adalah difrerensiasi produk dan diferensiasi proses. Pada diferensiasi
produk siswa dapat memilih produk yang akan dibuat sesuai dengan bakat dan
minatnya. Supaya siswa tidak bingung, fasilitator dan pendaming memberikan
contoh pilihan projek yaitu (1) Poster, (2) Puisi, (3) Cerpen, (4) Monolog, dan
(5) Film Pendek yang semuanya berkaitan dengan anti bullying. Differensiasi proses
lebih diarahkan pada bagaimana siswa menyelesaikan projek, bisa di dalam kelas,
di Laboratorium, di luar kelas ataupun di rumah. Siswa juga diberi pilihan
mengerjakan mandiri atau kelompok.
Pada Pra Aksi Karya ini fasilitator dan
pendamping sudah mendapatkan ide karya yang akan dibuat oleh siswa. Kemudian fasilitator
dan pendamping mendampingi proses pembuatan karya/proyek. Fasilitator dan
pendamping juga membantu kebutuhan siswa dalam meyusun karya/proyek. Selain fasilitator
dan pendamping, guru yang tidak mendampingi juga diberi keleluasaan untuk
membantu, misalnya saat siswa ingin membuat media menggunakan aplikasi canva
maka guru informatika dapat juga membantu. Begitu juga untuk guru yang lain
sehingga kebersamaan tetap terjalin dalam kegitan P5 ini.
Acara kembali diakhiri dengan sholat dhuhur
berjamaah sebagai implementasi profil pelajar Pancasila pertama yaitu Beriman
dan Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berahlak Mulia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih